PENGERTIAN SATWA


  • Pengertian satwa liar itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan satwa ?
  • Apa itu satwa ? Apa arti kata satwa ?
  • Apa pengertian satwa langka ?
  • Apa pengertian satwa harapan ?

Pengertian Satwa


Pengertian Satwa Menurut Para Ahli :

Indonesia merupakan negara yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Salah satunya adalah sumber daya alam hewani baik yang hidup di darat, di air, ataupun di udara yang disebut juga dengan satwa.

Pengertian satwa adalah segala macam jenis sumber daya alam hewani yang berasal dari hewan yang hidup di darat, air dan udara. (Dirjen Perlindungan Hutan & Pelestarian Alam : 1993)

Satwa lebih dikenal dengan sebutan binatang atau hewan, contoh satwa seperti kucing, anjing, ayam, harimau, dan masih banyak lagi. Ada yang populasinya masih terjaga dan ada pula yang sudah mulai langka, contohnya seperti Badak Jawa, Pesut Mahakam, Kangguru pohon wondiwoi, dan lain sebagainya.

Satwa disebut sumber daya alam karena sama seperti tumbuhan yaitu merupakan makhluk hidup yang tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh manusia akan tetapi juga berperan besar dalam siklus kehidupan di alam. Misalnya proses penyerbukan bunga pada tumbuhan yang dibantu oleh serangga atau penghancuran sisa-sisa makanan atau sampah organik oleh mikroorganisme di tanah. Coba saja kita bayangkan apa yang akan terjadi jika mikroorganisme di tanah musnah sehingga tidak ada yang mengolah sampah organik, bisa-bisa bumi dipenuhi oleh sampah.

Ada beberapa jenis satwa yang sudah sangat kita kenal dan dapat hidup berdampingan dengan manusia, contohnya kucing dan anjing. Satwa-satwa ini sudah dianggap sahabat manusia dan amat jarang menyakiti manusia sehingga banyak dipelihara oleh manusia.

Akan tetapi ada pula jenis satwa yang lahir, tumbuh, dan hidup di alam bebas serta sangat jarang dipelihara dan hidup berdampingan dengan manusia yang disebut juga satwa liar, contohnya harimau dan ikan hiu. Mereka masih memiliki sifat liar dan dapat membahayakan manusia jika mereka merasa terancam.

Walaupun satwa merupakan sumber daya alam yang boleh dan dapat dimanfaatkan oleh manusia akan tetapi kita tetap harus menjaga kelestariannya. Ada saja orang-orang serakah yang melakukan perburuan dengan tidak bertanggungjawab terhadap satwa liar sehingga membuat populasi mereka terancam dan menjadi satwa langka yang perlu dilindungi. Contoh satwa langka adalah burung Cenderawasih dan Harimau Sumatera.

Karena pada dasarnya satwa adalah sumber daya alam maka satwa-satwa liar ini ada yang diperbolehkan untuk diburu yang disebut dengan istilah satwa buru. Yang termasuk ke dalam satwa buru adalah semua satwa liar yang tidak termasuk kategori satwa yang dilindungi yang meliputi burung, satwa kecil, dan satwa besar. Contoh satwa buru seperti kijang, rusa, babi hutan, dan lain sebagainya.

Adapun definisi satwa lainnya antara lain :

Pengertian satwa liar adalah segala jenis hewan yang hidup di darat, air, dan di udara yang masih mempunyai atau mempertahankan sifat-sifat liarnya, baik itu yang hidup di alam bebas maupun yang sudah dipelihara oleh manusia.

Pengertian satwa langka adalah jenis satwa yang sangat sulit dicari dan ditemui di alam bebas karena jumlahnya yang sedikit sekali. Biasanya jumlahnya kurang dari 10.000 di seluruh dunia. Satwa langka pada umumnya termasuk ke dalam jenis satwa yang terancam punah karena mereka tidak mempunyai kemampuan untuk mengembalikan jumlah populasinya secara alami ke jumlah populasinya semula.

Pengertian satwa yang dilindungi adalah satwa yang populasinya jarang atau satwa yang berada dalam bahaya kepunahan. (UU no 5 1990 pasal 20 ayat 2)

Pengertian satwa harapan adalah segala jenis hewan yang diharapkan mampu menghasilkan bahan baku, jasa atau manfaat ekonomis maupun non ekonomis lainnya ketika dipelihara atau diternakkan. Contoh satwa harapan adalah jangkrik, lebah madu, kroto, buaya, ular, burung puyuh, ulat sutera, belibis, cacing tanah, kambing, kerbau dsb.

Pengertian satwa asiatis adalah satwa yang hidup di bagian barat dan utara wilayah Indonesia yang terdapat di pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa dan Bali. Contoh satwa asiatis adalah harimau,  gajah, tapir dsb.

Pengertian suaka margasatwa adalah tempat atau lokasi yang digunakan untuk melestarikan dan melindungi hewan serta habitatnya. Contoh suaka margasatwa di Indonesia adalah suaka margasatwa Way Kambas yang terletak di Lampung yang melindungi gajah dan suaka margasatwa Ujung Kulon di Banten yang melindungi badak bercula satu. (Sarwiyanto dkk : 2009)

Pengertian taman satwa adalah tempat pemeliharaan satwa yang mempunyai kriteria sekurang-kurangnya 2 kelas taksa pada areal dengan mempunyai luar areal sekurang-kurangnya 2 hektar.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian satwa dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian satwa secara umum ya ! Baca juga pengertian rumor 🙂