PENGERTIAN SELANCAR


  • Pengertian selancar itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan selancar ?
  • Apa itu selancar ? Apa arti kata selancar ?
  • Apa pengertian papan selancar ?
  • Apa pengertian selancar angin ?

Pengertian Selancar


Pengertian Selancar Menurut Para Ahli :

Pengertian selancar adalah olahraga menaiki gelombang dengan menggunakan papan khusus yang disebut softboard.

Dalam dunia maya, definisi selancar adalah menaiki arus informasi yang ada di internet atau dalam bahasa sehari-hari dimaknai sebagai “membuka situs tertentu”.


Salah satu jenis olahraga air yang banyak diminati dan cukup ekstrem adalah surfing atau selancar. Sangat menyenangkan sekaligus mendebarkan saat menyaksikan seorang peselancar sedang bermain di antara tingginya ombak.

Pengertian selancar adalah olahraga yang memanfaatkan momentum yang tidak melawan arus dengan menggunakan papan seluncur atau sejenisnya untuk melakukannya. Saat ini olahraga selancar cukup banyak jenisnya. Ada selancar air, selancar angin, selancar salju dsb.

Dibutuhkan keberanian dan mental yang kuat untuk menjalani olahraga ini. Olahraga selancar dilakukan dengan cara berdiri di atas sebilah papan yang disebut papan selancar, kemudian peselancar akan meluncur di atas air. Olahraga selancar air memanfaatkan energi gelombang air laut. Peselancar harus mampu mengendalikan papan selancar dan menjaga keseimbangannya sehingga tetap dapat bertahan di atas papan selancar.

Indonesia merupakan salah satu tempat yang banyak menjadi tujuan peselancar seperti di Bukit Peninsula di Bali, Pulau Grajagan di Jawa, serta Pulau Nias dan Mentawai di Sumatera. Lokasi-lokasi ini memiliki ombak yang besar sehingga sangat disukai oleh peselancar. Selain lokasi favorit, ada pula waktu favorit bagi peselancar untuk bermain yaitu pada musim kemarau sekitar bulan Mei sampai Oktober dimana ombak sangat besar dan konsisten sehingga melakukan selancar lebih menyenangkan dan menantang.

Papan selancar atau surfboard adalah peralatan utama dan sangat penting dalam olahraga ini. Baik bahan dasar maupun ukurannya bermacam-macam. Ada papan selancar yang intinya terbuat dari busa yang membuat pemainnya lebih mudah mengapung.

Ada pula jenis lain seperti papan selancar fiberglass dan papan selancar epoxy. Ukuran panjang dan ketebalan papan selancar juga beragam. Bagi pemula disarankan untuk menggunakan papan selancar yang panjang dan tebal karena dapat menghasilkan flotasi yang baik sehingga papan selancar tetap dapat mengapung dengan baik.

Selain itu ada pula olahraga selancar angin atau windsurfing yang merupakan perpaduan antara selancar dan perahu layar. Jika pada olahraga selancar air menggunakan sebilah papan maka olahraga selancar angin juga menggunakan sebilah papan dengan ukuran yang lebih panjang dan dilengkapi layar yang terbuat dari kain terpal sintetis seperti yang biasa digunakan di atas perahu.

Olahraga ini menuntut keseimbangan yang sangat tinggi karena selain harus menyeimbangkan diri di atas papan selancar yang dimainkan ombak, peselancar juga harus menjaga keseimbangan layar yang dihempas angin sehingga dapat terus melaju kencang dan tidak terjatuh.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian olahraga selancar air. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian selancar secara umum ya ! Baca juga pengertian satwa 🙂