PENGERTIAN SIKLUS CARNOT DAN MESIN CARNOT


  • Pengertian siklus carnot dan mesin carnot itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan siklus carnot ?
  • Apa itu siklus carnot ? Apa arti siklus carnot ?
  • Apa pengertian siklus carnot dan aplikasinya ?
  • Apa contoh siklus carnot dalam kehidupan sehari hari ?

Pengertian Siklus Carnot dan Mesin Carnot


Pengertian Siklus Carnot & Mesin Carnot Menurut Para Ahli :

Untuk memahami definisi siklus carnot terlebih dahulu kita harus mengenal termodinamika. Termodinamika adalah ilmu yang mengkaji hubungan antara energi panas dengan kerja. Sebagaimana kita ketahui bahwa energi yang terdapat di alam semesta sifatnya kekal, tak dapat diciptakan serta tidak dapat dimusnahkan. Tetapi energi dapat berubah dari satu bentuk ke bentuk yang lain, secara alami maupun hasil rekayasa teknologi.

Dengan berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi, prinsip alamiah di berbagai proses termodinamika secara tidak langsung juga ikut berkembang. Hal ini ditandai dengan adanya perekayasaan ke dalam berbagai bentuk mekanisme untuk membantu manusia dalam menjalankan kegiatannya. Dalam kehidupan sehari-hari banyak sekali penerapan atau aplikasi dari ilmu termodinamika. Salah satunya adalah aplikasi termodinamika pada  Mesin Carnot.

Pengertian mesin carnot adalah sebuah mesin kalor ( panas ) yang bekerja dengan cara mentransfer energi dari daerah yang panas ke daerah yang dingin. Dalam proses ini mesin carnot akan mengubah sebagian energi menjadi usaha mekanis. Dengan kata lain, Mesin Carnot bisa mengubah energi panas menjadi kerja / energi mekanik. Mesin ini merupakan model rancangan Nicolas Léonard Sadi Carnot, seorang insinyur militer Perancis pada tahun 1824 silam.

Dalam proses mengubah energi panas menjadi energi mekanis ini, Mesin Carnot beroperasi dalam suatu siklus yang kemudian disebut Siklus Carnot. Dengan demikian, pengertian siklus carnot adalah tahapan mesin carnot dalam mengubah energi panas ke energi mekanis.

Siklus Carnot terdiri dari dua dua proses adiabatik dan proses isotermal. Isotermal adalah keadaan di mana sistem tetap pada suhu konstan. Sementara adiabatik adalah keadaan di mana tidak adanya energi kalor yang dipindahkan ke luar ataupun ke dalam sistem.

Pada proses isotermal pertama (terjadi pada suhu yang lebih tinggi), zat mengalami ekspansi (pemuaian) dan menyerap panas. Proses isotermal kedua, (terjadi pada temperatur yang lebih rendah), zat mengalami kompresi (pemampatan) dan melepas panas. Garis isotermal pertama dan kedua dihubungkan oleh dua proses adiabatik. Adiabatik pertama zat mengalami ekspansi, sedangkan pada adiabatik kedua zat akan mengalami kompresi

Secara ringkas, Siklus Carnot dapat digambarkan sebagai berikut:

Ekspansi Isotermik → Ekspansi Adiabatik → Kompresi Isotermik → Kompresi Adiabatik

Contoh aplikasi Siklus Carnot dalam kehidupan sehari-hari dapat dijumpai pada mesin uap dan mesin jet pesawat terbang.


Itulah penjelasan siklus carnot secara singkat. Semoga kamu bisa mengerti akan siklus carnot termodinamika ini ya teman ! Baca juga pengertian planlet 🙂