PENGERTIAN SIMPOSIUM DAN CONTOHNYA


  • Pengertian simposium dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan simposium ?
  • Apa itu simposium ? Apa arti simposium ?
  • Apa kelebihan dan kekurangan simposium ?
  • Apa saja contoh simposium ?

Pengertian Simposium dan Contohnya


Pengertian Simposium Menurut Para Ahli :

Pengertian simposium adalah serangkaian pidato pendek yang dilakukan oleh seseorang di depan para peserta / pengunjung yang datang. Contoh umum : simposium nasional akuntasi.

Pengertian simposium nasional akuntansi adalah pertemuan dalam ruang lingkup nasional yaitu dosen, peneliti dan mahasiswa akuntansi yang berada di seluruh Indonesia. Kegiatan simposium ini mendiskusikan perkembangan ilmu akuntansi, hasil penelitian akuntansi serta praktiknya di kehidupan nyata. Kegiatan ini diselenggarakan oleh IAI Kompartemen Akuntan Publik.

Sebuah simposium bisa saja menampilkan beberapa orang pembicara sekaligus yang mana mereka akan mengemukakan aspek-aspek pandangan yang berbeda namun masih tetap di dalam sebuah topik yang sama. Namun di sisi lain sebuah simposium juga bisa saja terdiri dari suatu topik persoalan yang dibagi menjadi beberapa aspek tertentu dan kemudian setiap aspek tersebut akan disoroti secara sendiri-sendiri dan terpisah sehingga tidak perlu dari berbagai sudut pandang dalam satu aspek.

Di dalam pelaksanaannya sebuah simposium akan terdiri beberapa orang pembicara, yakni: pembicara (pembahas utama) dan penyanggah (pemrasaran banding), yang di pimpinan oleh seorang moderator. Dalam sebuah simposium, para pendengar akan diberi kesempatan untuk mengajukan pertanyaan atau pendapat mereka terkait dengan topik yang baru saja disampaikan, di mana hal tersebut dilakukan setelah pembahas utama dan penyanggah selesai berbicara. Namun di dalam pelaksanaan sebuah simposium, acara akan terlihat kurang spontanitas karena di dalam kegiatan ini pembahas dan penyanggah telah ditentukan / dipilih sebelumnya.

Seorang moderator di dalam simposium hanya bertugas untuk melakukan koordinasi bagi jalannya pembicaraan dan meneruskan beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh peserta dan juga sanggahan atau pandangan umum dari mereka. Setelah selesai dilaksanakan, hasil simposium dapat disebarluaskan, terutama yang berasal dari pembahas utama dan penyanggah serta beberapa pandangan umum yang di sampaikan oleh peserta yang dianggap penting.

Contoh simposium adalah simposium pendidikan yang dilakukan secara rutin sebagai agenda tetap tahunan, simposium guru, simposium nasional akuntansi, simposium HAM, simposium nutrisi dsb.

Beberapa kelebihan dan kelemahan simposium antara lain :

Kelebihan Simposium

  1. Bisa digunakan pada kelompok yang kecil maupun besar.
  2. Bisa mengemukakan banyak pendapat / informasi dalam waktu yang singkat.
  3. Bisa direncanakan sejak jauh-jauh hari sebelum pelaksanaan.

Kelemahan Simposium

  1. Kurangnya interaksi antara kelompok yang menjadi peserta.
  2. Penekanan permasalahan hanya pada pokok / topik pembahasan saja.
  3. Pelaksanaannya terasa terlalu formal dan kaku, cenderung membosankan.
  4. Membatasi pendapat dari peserta yang datang.

Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian simposium serta kelebihan dan kekurangan diskusi simposium. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian simposium dan contohnya ya ! Baca juga pengertian muktamar dalam diskusi 🙂