PENGERTIAN SIMULTAN


  • Pengertian simultan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan simultan ?
  • Apa itu simultan ? Apa arti kata simultan ?
  • Apa pengertian simultan dalam ekonomi ?

Pengertian Simultan


Pengertian Simultan Menurut Para Ahli :

Pengertian simultan adalah sesuatu yang terjadi atau dilakukan pada waktu yang bersamaan.

Istilah simultan sangat jarang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah ini lebih sering digunakan dalam bahasa atau percakapan ilmiah seperti dalam bidang fisika dan olahraga. Misalnya seseorang yang melakukan gerakan olahraga dengan menggerakkan tangan dan kaki secara simultan atau bersamaan. Atau dalam bidang fisika dimana sebuah gerakan parabola merupakan dua buah gerakan yaitu gerakan horizontal dan vertikal yang dilakukan secara simultan atau bersamaan.

Definisi simultan adalah sesuatu yang terjadi berbarengan atau pada waktu yang bersamaan.

Jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya istilah ini sangat sering kita gunakan akan tetapi dengan bahasa sehari-hari seperti sewaktu, bertepatan, serentak, serempak, bersama-sama, dan lain sebagainya. Misalnya ketika kita memasak nasi menggunakan rice cooker sambil mencuci menggunakan mesin cuci. Dapat dikatakan kita memasak nasi simultan dengan mencuci baju, walaupun kalimat ini terdengar ganjil karena istilah simultan lebih sering digunakan dalam bahasa ilmiah.

Dalam permainan catur juga ada istilah catur simultan. Jika biasanya kita menyaksikan permainan catur yang dilakukan oleh dua orang, satu lawan satu, maka pada permainan catur simultan satu orang akan melawan beberapa orang sekaligus.

Biasanya seorang pemain catur hebat atau sekelas grand master akan melawan beberapa orang sekaligus, bisa lima, sepuluh, bahkan dua puluh orang sekaligus. Permainan catur ini biasanya dilakukan sebagai hiburan untuk memeriahkan acara-acara tertentu seperti ulang tahun kemerdekaan. Hal ini tentu saja menjadi tantangan tersendiri bagi pemain catur profesional tersebut.

Karena dipandang cukup efektif dan efisien maka dalam dunia perkuliahan juga mulai diterapkan sistem kuliah simultan. Sistem perkuliahan dimana disamping ada perkuliahan reguler juga ada perkuliahan pendamping yang berjalan bersamaan.

Misalnya pada semester ganjil (semester 1), pada perkuliahan reguler menjalankan mata kuliah semester ganjil (semester 1) dan pada perkuliahan pendamping menjalanankan mata kuliah semester genap (semester 2). Dengan ini diharapkan masa studi mahasiswa lebih cepat sehingga lebih cepat pula melangkah ke jenjang berikutnya seperti melanjutkan ke S2, bekerja, dan lain sebagainya. Tentu saja hal ini harus dipersiapkan dengan matang sehingga lulusan yang dihasilkan memiliki kualitas yang baik.

Sementara pengertian simultan dalam ekonomi adalah berbagai variabel ekonomi yang mempunyai pengaruh atau korelasi yang positif dengan beberapa variabel ekonomi lainnya. Contohnya pendapatan seseorang mempunyai pengaruh simultan terhadap tingkat konsumsi dan tingkat produksi. Contohnya jika pendapatan perkapita penduduk di suatu negara naik maka akan terjadi peningkatan konsumsi dan dampaknya produksi yang dilakukan oleh produsen juga akan meningkat untuk mengimbangi jumlah konsumsi barang yang naik, begitu juga sebaliknya.


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian kata simultan. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian simultan secara umum ya ! Baca juga pengertian kegiatan distribusi dan contohnya 🙂