PENGERTIAN SLAM DUNK PADA PERMAINAN BOLA BASKET


  • Apa pengertian slam dunk dalam permainan bola basket ?
  • Apa yang dimaksud dengan slam dunk ?
  • Apa itu slam dunk dalam basket ?
  • Apa arti slam dunk dalam basket & jenis jenis slam dunk ?

Pengertian Slam Dunk Bola Basket


Pengertian Slam Dunk Menurut Para Ahli :

Pengertian Slam Dunk adalah suatu gaya di dalam olahraga bola basket yang mana dalam gaya ini pemain melakukan gerakan memasukkan bola ke dalam keranjang sambil melompat di dekat ring kemudian menggelantungkan satu atau dua tapak tangannya di ring. Gaya ini biasa disebut juga hunjaman.

Slam Dunk merupakan salah satu teknik dasar dalam bermain bola basket yang harus dikuasai oleh setiap pemain. Teknik memasukan bola dengan Slam Dunk berpeluang besar untuk mencetak poin, sehingga perlu dilakukan dengan benar. Sehingga untuk memahami dan mengetahui bagaimana melakukan Slam Dunk, penting memahami pengertiannya terlebih dulu sebelum mempelajari langkah-langkah melakukannya.

Berikut beberapa jenis Slam Dunk yang biasa digunakan yaitu :

1. Walking in the Air. Biasa hanya disebut “air”, adalah suatu teknik slam dunk dengan melakukan suatu lompatan yang jauh dan tinggi, sehingga pemain sepintas terlihat seperti sedang berjalan di udara kemudian menembakkan bola langsung ke ring.

2. Cross over dunk adalah suatu jenis aksi dimana tangan yang satu mengoper bola ke tangan yang lain dengan melewati celah selangkangan kaki dan kemudian melakukan slam dunk.

3. Tip Dunk adalah suatu teknik slam dunk di mana teman satu tim melempar bola tetapi tidak masuk. Bola yang tidak masuk ini kemudian disebut bola pantul atau rebound. Lalu pemain lain melompat dan menangkap bola rebound tersebut yang disambung dengan melakukan Slam Dunk sebelum kaki turun menginjak tanah.

4. Ally-Ops adalah suatu jenis slam dunk yang dilakukan dengan cara teman satu tim mengoper bola kepada seorang pemain yang sedang melompat. Kemudian tepat disaat melompat, pemain tersebut menangkap bola operan temannya dan langsung melakukan Slam Dunk.

5. Back-dunk adalah jenis slam dunk yang dilakukan dengan posisi badan membelakangi ring.

6. 360 Degree Dunk. Sesuai namanya, ini 360 slam dunk adalah teknik slam dunk yang dilakukan dengan cara memutar badan penuh satu putaran atau sebanyak 360 derajat.

Secara umum, teknik slam dunk ini biasa dilakukan oleh pemain yang memiliki tinggi badan di atas rata-rata. Namun tidak menutup kemungkinan pemain dengan tinggi normal ( sekitar 175-180) dapat melakukannya. Contohnya adalah Nate Robinson dan Raja Slam Dunk Michael Jordan.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian dalam bola basket secara umum ya ! Baca juga pengertian bintang lapangan 🙂