PENGERTIAN SOLUSI


  • Pengertian solusi masalah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan solusi ?
  • Apa itu solusi ? Apa arti kata solusi ?
  • Apa pengertian solusi adaptif ?

Pengertian Solusi


Pengertian Solusi Menurut Para Ahli :

Pengertian solusi adalah jalan keluar atau jawaban dari suatu masalah. (Munif Chatib : 2011)

Kehidupan manusia tidak lepas dari masalah, mulai dari masalah pribadi, masalah keluarga, sampai masalah negara. Walaupun demikian masalah tetap harus disyukuri karena dengan adanya masalah manusia dituntut untuk terus berpikir dan mengerahkan seluruh kemampuannya untuk memecahkan masalah sehingga timbul ilmu, teori, atau penemuan baru.

Contohnya saja pembuatan toilet duduk. Hal ini muncul karena sulitnya lansia atau orang yang sulit untuk jongkok menggunakan toilet konvensional sehingga orang berpikir untuk membuat toilet yang dapat digunakan sambil duduk.

Dan masih banyak penemuan-penemuan lain yang muncul berdasarkan masalah yang ditemui sehari-hari. Bahkan sebuah penelitian selalu didahului oleh latar belakang masalah, yaitu permasalahan apa yang menyebabkan sebuah penelitian dilakukan.

Hasil akhir yang ingin dicapai dari masalah yang timbul adalah solusi atau jalan keluar. Pengertian solusi adalah cara atau jalan yang digunakan untuk memecahkan atau menyelesaikan masalah tanpa adanya tekanan. Maksud tanpa adanya tekanan adalah adanya objektivitas dalam menentukan pemecahan masalah dimana orang yang mencari solusi tidak memaksakan pendapat pribadinya dan berpedoman pada kaidah atau aturan yang ada. Jika tidak demikian maka solusi yang didapat akan sangat subjektif sehingga dikhawatirkan bukan merupakan solusi terbaik.

Contohnya ketika ada masalah meluapnya air selokan pada saat hujan lebat di lingkungan rumah kita. Masalah ini tentu tidak dapat dibiarkan dan harus dicarikan solusinya.

Jika kita menggunakan solusi yang subjektif seperti dengan membangun pagar beton disekeliling rumah sehingga air tidak masuk ke dalam rumah maka solusi ini hanya baik untuk kita dan tidak menyelesaikan masalah seutuhnya karena luapan air selokan dapat mengalir ke rumah tetangga yang lebih rendah. Perlu solusi yang lebih objektif dan menyasar langsung ke inti masalah, misalnya dengan membersihkan selokan dari sampah atau memperbesar lebar selokan sehingga air mengalir lebih lancar.

Untuk mendapatkan solusi atas suatu permasalahan ada beberapa tahapan yang harus dilalui. Pertama kita perlu mengenali apa sebenarnya masalah yang terjadi. Kemudian kita cari fakta atau bukti mengenai permasalahan tersebut. Setelah itu kita telaah apa yang melatarbelakangi munculnya masalah tersebut. Setelah jelas masalah beserta latar belakangnya barulah kita dapat mempertimbangkan berbagai kemungkinan solusi yang dapat digunakan untuk memecahkan masalah tersebut.

Dari sekian banyak alternatif solusi kita pilih satu solusi yang dianggap paling tepat. Kemudian kita jalankan solusi yang telah dipilih. Setelah itu kita evaluasi hasilnya apakah solusi yang kita pilih sudah tepat untuk memecahkan masalah yang dihadapi, jika belum maka siklus pemecahan masalah ini kita ulang kembali.

Pengertian solusi adaptif adalah solusi yang bisa beradaptasi dengan perubahan waktu dan kondisi tertentu.


Nah itulah penjelasan singkat mengenai pengertian solusi masalah. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian solusi dan contohnya secara umum ya ! Baca juga pengertian spesies dan spesiasi 🙂