PENGERTIAN SPESIES DAN SPESIASI


  • Pengertian spesies dan spesiasi itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan spesies dan spesiasi ?
  • Apa itu spesies dan spesiasi ?
  • Apa arti kata spesies dan spesiasi ?
  • Apa perbedaan spesies dan spesiasi ?

Pengertian Spesies dan Spesiasi


Pengertian Spesies dan Spesiasi Menurut Para Ahli :

Pengertian spesies adalah sekelompok individu yang mempunyai karakteristik yang berbeda dari kelompok lain. Karakteristik tersebut bisa dilihat dari fisiologi, morfologi atau biokimia (M Indrawan dkk : 2007)

Definisi spesies adalah sekelompok individu yang tidak dapat bisa berkembang biak dengan individu dari spesies lainnya. Individu ini hanya bisa berkembang biak dengan sesama spesies mereka saja. (pengertian spesies secara biologis –  Ernst Mayr : 1942)

Pengertian spesiasi adalah suatu proses terbentuknya spesies endemik yang unik, bersifat lokal, dan hanya ada di daerah tertentu saja yang terjadi karena spesies tersebut terisolasi secara geografis. (Yanto dkk : 2016)


Ada begitu banyak jenis makhluk hidup di bumi baik hewan maupun tumbuhan. Mulai dari hewan kecil bersel satu yang tidak dapat kita lihat dengan mata telanjang sampai hewan besar seperti gajah.

Begitu pula dengan tumbuhan, mulai dari yang sering kita jumpai sehari-hari seperti rumput di halaman rumah sampai bunga edelweis yang hanya tumbuh di pegunungan tinggi. Oleh karena itu para ilmuan di bidang biologi yang mempelajari makhluk hidup berupaya mengelompokkan makhluk hidup kedalam kelompok-kelompok sesuai dengan kemiripannya.

Ada tujuh tingkatan pengelompokkan makhluk hidup dari yang paling umum hingga yang paling spesifik yaitu kingdom, phylum atau divisio, classis, ordo, familia, genus, dan spesies.

Spesies adalah tingkat pengelompokkan makhluk hidup yang terendah dimana anggotanya memiliki bentuk fisik yang sama, jumlah kromosom yang sama, serta antar anggotanya dapat dikawinkan dan menghasilkan keturunan yang subur.

Contohnya saya dan Anda, kita sama-sama manusia atau termasuk spesies homo sapiens karena memiliki bentuk fisik yang sama dan jika dikawinkan antara laki-laki dan perempuan dapat menghasilkan keturunan yang juga dapat berketurunan.

Yang membedakan manusia satu dengan yang lain adalah ukuran bagian tubuh, warna kulit, dan lain-lain. Seperti ada manusia yang hidungnya mancung dan ada yang pesek, ada yang rambutnya lurus dan ada pula yang keriting. Manusia dapat kawin dengan manusia akan tetapi manusia tidak dapat kawin dengan kucing karena berbeda spesies.

Suatu spesies juga dapat berevolusi atau berubah secara perlahan dalam suatu rentang waktu, ada yang lama dan ada pula yang cepat, sehingga menghasilkan spesies baru yang berbeda dari spesies sebelumnya atau yang disebut juga dengan spesiasi.

Contohnya dengan terbentuknya beberapa spesies burung finch di kepulauan Galapagos (spesiasi alopatrik) karena keterbatasan dan perebutan sumber makanan. Beberapa spesies burung finch diantaranya Platyspiza Crassirostriss atau burung finch pohon yang memakan tumbuhan, Camarhynchus Pallidus atau burung finch pelatuk, Camarhynchus Parvulus atau burung finch yang memakan serangga kecil, Camarhynchus Psittacula atau burung finch yang memakan serangga besar, dan lain sebagainya.

Pengertian spesiasi alopatrik adalah spesiasi yang didahului oleh pemisahan suatu populasi menjadi subpopulasi (dua group) yang terjadi karena adanya barier ruang. Subpopulasi ini nantinya akan berevolusi sesuai kondisi lingkungan dan tempat tinggalnya. Namun jika subpopulasi ini nantinya setelah sekian lama bertemu kembali di suatu wilayah, mereka tidak bisa melakukan perkawinan karena sudah berbeda spesies. (Wallace : 1992)

Pengertian spesiasi simpatrik adalah terbentuknya spesies jenis baru dikarenakan tinggal di daerah asal yang sama (Taggart & Star : 1984). Spesies simpatrik ini bisa dengan mudah dibedakan antara satu spesies dengan spesies lainnya dikarenakan terdapat pemisahan morfologi yang sangat kuat di antara mereka.

Pengertian spesies payung adalah jenis spesies yang akan memayungi atan melindungi spesies lain yang berada di sekitarnya secara alami dalam sebuah habitat konservasi (Roberge & Angelstam : 2004)

Pengertian spesies air tawar adalah semua makhluk hidup baik itu hewan, tumbuhan, mikroorganisme dsb yang tinggal atau habitat aslinya berada di dalam air tawar.

Pengertian spesies darat adalah spesies yang hidup di wilayah darat seperti hutan, padang pasir, rumput dsb.


Itulah penjelasan singkat mengenai spesies dan spesiasi. Semoga kalian bisa memahami perbedaan spesies dan spesiasi secara umum ya ! Baca juga pengertian separatis 🙂