PENGERTIAN SPORADIS


  • Pengertian sporadis dalam sejarah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan sporadis ?
  • Apa itu sporadis / arti kata sporadis ?
  • Apa pengertian sporadis dalam epidemiologi ?

Pengertian Sporadis


Pengertian Sporadis Menurut Para Ahli :

Pengertian sporadis adalah sebuah kondisi yang menggambarkan keadaan yang tidak merata dan jarang, hal ini terkait dengan penyebaran sesuatu, seperti tanaman ataupun jenis penyakit tertentu.

Kata sporadis umumnya akan digunakan sebagai kata yang menunjukkan sikap, keadaan ataupun berbagai macam hal yang tidak selalu terjadi atau didapati di dalam sebuah kondisi tertentu. Pendek kata, arti sifat sporadis adalah tidak penuh. Arti sifat sporadis sama seperti spora, dia HANYA tumbuh pada tempat-tempat yang lembab saja, sedangkan di tempat kering dia sama sekali tidak mau tumbuh.

Contoh : Kurap merupakan penyakit sporadisi di Desa Sukajaya. Pengertian penyakit sporadis disini berarti penyakit tersebut hanya diderita oleh orang-orang tertentu saja / tidak di alami oleh semua warga Desa Sukajaya.

Dalam bidang peperangan kita mengenal serangan sporadis dan gerakan sporadis. Pengertian sporadis dalam sejarah berarti gerakan-gerakan dan serangan yang dilakukan untuk mencapai kemerdekaan melawan penjajah tidak utuh karena gerakand dan serangan ini tidak dilakukan di semua kota.

Kata ini telah banyak digunakan dan dikenal cukup luas di kalangan masyarakat karena kata ini juga cukup sering digunakan di dalam berita yang terbit melalui media cetak maupun media elektronik lainnya. Hal tersebut tentu saja menjadi sebuah langkah yang signifikan dan mudah di dalam penyebaran dan penggunaan kata sporadis di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Kata sporadis banyak digunakan untuk menggambarkan peristiwa atau hal yang tidak biasa kita temui di alam keseharian kita. Beberapa penggunaan kata sporadis di dalam kalimat dapat dicermati di dalam poin berikut ini:

  • Meski terbilang dilakukan secara sporadis, namun serangan tentara Rusia ke wilayah pertahanan musuh tampak membuahkan hasil dan membuat kondisi di perbatasan menjadi sedikit lebih aman dari sebelumnya.
  • Tindakan sporadis yang dilakukan oleh laki-laki itu, tidak menjadi jaminan bahwa istrinya tidak mendapatkan perlakuan kekerasan dalam rumah tangga seperti yang diajukan di dalam berkas dakwaan kepadanya.
  • Jangan bersikap sporadis di dalam menanggapi berbagai macam kejahatan yang banyak terjadi di angkutan umum, kau bisa minta tolong dan berteriak dengan kencang saat mengalaminya.
  • Dengan sporadis, wanita itu diam-diam melakukan pengintaian terhadap anak-anaknya yang selalu pulang terlambat dari sekolah dan tiba di rumah pada saat malam telah datang.

Meski di dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia kata sporadis memiliki arti penyebaran tumbuhan ataupun jenis penyakit tertentu yang tidak merata dan hanya terjadi di sebagian wilayah saja, namun di dalam penggunaannya kata sporadis lebih cenderung digunakan untuk menggambarkan suatu tindakan / sikap yang jarang dilakukan. Hal ini dapat dilihat dari penggunaan kata tersebut pada beberapa kalimat di atas.


Itulah penjelasan singkat tentang definisi sporadis / pengertian kata sporadis. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian sporadis ya ! Baca juga pengertian fluktuatif 🙂