PENGERTIAN STEGANOGRAFI DAN WATERMARKING


 Apa yang dimaksud dengan pengertian steganografi dan watermarking ? Apa perbedaan steganografi dan watermarking ? Apa contoh steganografi dan watermarking ?


Pengertian Steganografi dan Watermarking


Pengertian Steganografi Menurut Para Ahli :

Definisi steganografi adalah teknik menulis tulisan yang terselubung atau tersembunyi (Sellars : 1996)

Pengertian steganography adalah ilmu sekaligus seni untuk menyembunyikan suatu pesan rahasia sehingga keberadaan pesan tersebut menjadi tidak dapat dideteksi oleh indera manusia (Munir : 2004)

Steganografi adalah sebuah teknik yang digunakan untuk menyisipkan data ke dalam sebuah media yang bertujuan untuk menyembunyikan keberadaan data tersebut dari pihak-pihak yang tidak berkepentingan. Dalam prakteknya steganografi akan membutuhkan dua jenis properti seperti di bawah ini :

  • Wadah penampungan yang akan digunakan sebagai tempat penyisipan.
  • Data rahasia, baik itu berupa data digital maupun yang lainnya.

Tujuan utama dari steganografi adalah untuk menyembunyikan dan menyamarkan keberadaan data rahasia dengan mempersulit pendeteksiannya dan melindungi hak cipta / hak paten sebuah produk dari pihak-pihak yang mungkin akan menyalahgunakannya.

Steganografi yang bagus harus memiliki beberapa kriteria seperti di bawah ini:

  1. Wadah penampung tidak mengalami banyak perubahan setelah penambahan data rahasia ke dalamnya dan keberadaan data tersebut tetap tersamarkan.
  2. Segala bentuk manipulasi dan pengolahan citra yang dilakukan terhadap wadah penampung tidak akan mempengaruhi keberadaan dan kualitas data, dengan kata lain data tersebut tidak berubah dan tidak rusak.
  3. Data yang telah disisipkan harus dapat dikembalikan ke pada keadaan semula.

Watermarking adalah suatu proses penambahan / penyisipan kode identifikasi berupa teks, gambar, suara atau video secara permanen ke dalam sebuah data digital dengan tujuan untuk melindungi hak cipta dari produk-produk multimedia.

Informasi atau data yang dimasukkan ke dalam data multimedia disebut Watermark atau Digital Signature yang disisipkan ke dalam data dengan sedemikian rupa sehingga produk yang dilindungi tidak akan mengalami kerusakan dan keberadaannya di dalam produk tidak akan diketahui oleh orang awam.


Nah semoga kalian bisa memahami pengertian steganografi dan watermarking secara umum ya ! Baca juga pengertian pemekaran daerah menurut para ahli 🙂