PENGERTIAN STRATA


  • Pengertian strata sosial itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan strata sosial ? 
  • Apa itu strata title ? Apa arti kata strata ?
  • Apa pengertian strata pendidikan ?
  • Apa pengertian strata random sampling ?

Pengertian Strata


Pengertian Strata Menurut Para Ahli :

Pengertian strata adalah :

  1. lapisan; stratum;
  2. tingkat masyarakat, tingkat sosial kehidupan dan sebagainya;
  3. tingkat pendidikan setingkat di atas sarjana muda;

Stratum adalah bentuk jamak dari strata, dalam geologi merupakan lapisan batuan sedimen atau tanah dengan ciri khas khusus yang dapat dengan mudah dibedakan dengan lapisan lainnya. Lapisan ini terlihat sebagai pita-pita berbagai warna dari berbagai bahan yang nampak pada tebing, potongan jalan juga tepian sungai. Lapisan ini bervariasi tebalnya, mulai dari beberapa millimeter hingga mencapai satu kilometer lebih.

Contoh : Stratum Permian sampai Jurassic di area Colorado Plateau sebelah tenggara Utah, yang membentuk formasi batu-batuan di area Capitol Reef National Park, Amerika Serikat.

Kemudian istilah strata berkembang dan digunakan di dunia properti bangunan, contohnya strata title. Pengertian strata title adalah kepemilikan properti pada suatu rumah susun, apartemen ataupun kondominium.

Strata title bisa berupa hak ekslusif atas suatu ruangan pribadi ataupun hak bersama atas suatu ruangan publik. Ciri khas strata title adalah mempunyai jangka waktu tertentu dan harus diperpanjang ketika sudah habis masanya.

Strata juga adalah istilah untuk pembagian kelas sosial dalam masyarakat. Pengertian strata sosial adalah tingkatan serta perbedaan hirarki antara kelompok manusia dalam sebuah masyarakat ataupun budaya.

Seperti kita ketahui, dalam sebuah masyarakat terdiri dari kelompok yang berbeda-beda. Kelompok yang berbeda-beda ini disebabkan oleh adanya pembagian kerja, di mana setiap kelompok melakukan pekerjaan sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Ada yang bekerja sebagai petani, nelayan, pedagang, pekerja kantoran, tenaga pendidik, perawat, dokter, polisi, pengusaha, politisi, dan sebagainya yang membentuk jenjang atau tingkatan di dalam masyarakat. Jenjang atau tingkatan inilah yang kemudian mengelompokkan manusia menjadi kelas-kelas tersendiri yang kemudian disebut strata sosial.

Dalam masyarakat tradisional, strata sosial ini tidak akan ditemukan. Masyarakat ini tidak memiliki pemimpin yang tetap, sehingga menghindari apa yang disebut stratifikasi atau pengelompokan sosial. Dalam masyarakat ini tidak ada pembagian kerja karena mereka biasanya mengerjakan pekerjaan yang sama. Contoh : masyarakat pemburu dan pengumpul.

Istilah strata juga digunakan dalam dunia pendidikan. Pengertian strata pendidikan adalah jenis dan lamanya masa pendidikan.

  1. Strata satu (S1) adalah tingkat pendidikan yang memberikan gelar sarjana dengan masa pendidikan empat sampai lima tahun
  2. Strata dua (S2) adalah tingkat pendidikan yang memberikan gelar magister dengan masa pendidikan selama 2 tahun setelah S1
  3. Strata tiga (S3) adalah tingkat pendidikan tertinggi dengan masa pendidikan selama tiga sampai lima tahun setelah S2.

Di dalam dunia penelitian kita mengenal strata sampling. Pengertian strata sampling adalah sampling yang memperhatikan adanya suatu tingkatan dalam populasi. Tingkatan ini dapat berupa jenjang pendidikan, junior-senior, tingkatan pengalaman seseorang, rentang umur dsb.


Itulah penjelasan singkat mengenai arti dari strata. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian  strata secara umum ya ! Baca juga pengertian skala prioritas 🙂