PENGERTIAN TAMPIKAN


  • Pengertian tampikan itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan tampikan ?
  • Apa itu tampikan / arti kata menampik ?
  • Menampik artinya apa sih ?

Pengertian Tampikan


Pengertian Tampikan Menurut Para Ahli :

Pengertian tampikan adalah sesuatu yang sudah ditampik atau ditolak. Tampikan merupakan sebuah istilah yang masih jarang digunakan di dalam kehidupan kita sehari-hari, meskipun arti yang terkandung di dalamnya tergolong sangat sederhana. Pada umumnya kata ini hanya digunakan oleh para orangtua atau mereka yang hidup di wilayah tertentu saja, sehingga penggunaannya di dalam masyarakat hanya pada komunitas yang terbatas.

Tampikan berasal dari kata dasar tampik dan menjadi sebuah kata kerja yang ditambah dengan awalan me sehingga menjadi kata menampik. Pengertian menampik memiliki arti menolak, tidak bersedia, tidak mau. Definisi menampik / makna menampik dapat diartikan sebagai sebuah perbuatan yang dilakukan secara mendadak / tiba-tiba, di mana hal ini lebih terkait kepada perilaku, seperti contoh di bawah ini:

  • Perempuan tua itu menampik adanya kesepakan di waktu silam yang telah dilakukannya bersama degan laki-laki berjanggut putih yang kini terbaring lemah di atas dipan tua itu.
  • Dia sungguh cerdas, dengan mudah dia dapat menampik semua tuduhan yang dilontarkan oleh keluarga mantan suaminya kepadanya, siapa yang tahu hal itu benar atau tidak bukan?
  • Meski telah menampik perbuatan tersebut hingga beberapa kali, tetap saja gadis itu tidak bisa membohongi pihak penyidik, dia tetap digiring ke dalam sel tahanan dan akan mendapatkan hukuman yang setimpal atas perbuatannya.

Sedangkan kata tampikan lebih cenderung mengarah kepada objek di dalam sebuah kejadian, seperti digambarkan pada beberapa contoh di bawah ini:

  • Gadis itu adalah tampikan dari keluarga kaya di kampung sebelah, mereka tidak sudi jika anak laki-laki satu-satunya menikahi gadis kampung yang miskin tersebut, karena mereka merasa tidak sebanding dengan keluarganya yang miskin.
  • Semua pakaian yang di buang di tempat sampah itu merupakan tampikan dari perempuan muda yang disukai Damar, sepertinya perempuan itu tidak menyukai Damar dan tidak bersedia menerima apapun dari pemuda tersebut.
  • Jangan menjadikan bocah itu sebagai tampikan, karena bagaimanapun juga dia adalah anak kandungmu dan kau tidak bisa seenaknya menjauhkannya dari kehidupanmua.

Sedangkan pada dunia online mungkin kita sering mendengar kata tampikan vidio atau tampikan lainnya. Pengertian tampikan video dan arti tampikan lainnya disini berarti tautan video dan tautan link lainnya yang berhubungan dengan informasi berita tersebut.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian tampikan secara umum ya ! Baca juga pengertian akuntabel 🙂