PENGERTIAN TEMPERATUR


  • Pengertian temperatur suhu itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan temperatur ?
  • Apa itu temperatur ? Apa arti kata temperatur ?
  • Apa pengertian temperatur udara ?

Pengertian Temperatur


Pengertian Temperatur Menurut Para Ahli :

Pengertian temperatur adalah suatu ukuran dingin atau panasnya keadaan atau sesuatu lainnya. Satuan ukur dari temperatur yang banyak digunakan di Indonesia adalah °C (derajat Celcius). Sementara satuan ukur yang banyak digunakan di luar negeri adalah derajat Fahrenheit. (Ir. Sarsinta : 2008)

Definisi temperatur adalah suatu ukuran energi kinetik rata-rata dari suatu molekul. Jika temperatur tinggi maka energi kinetik rata-ratapun akan besar. (Nurdin Riyanto : 2009)

Arti temperatur adalah ukuran gerakan molekular yang mempunyai besaran absolut. (Pengertian temperatur menurut Kelvin)

Pengertian temperatur udara adalah panas atau dinginnya suatu udara. Perubahan temperatur udara disebabkan oleh adanya kombinasi kerja antara udara, perbedaan kecepatan proses pendinginan & pemanasan suatu daerah dan jumlah kadar air & permukaan bumi. Alat untuk mengukur temperatur udara ini adalah termometer. (Wirastuti dkk : 2008)


Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan istilah temperatur atau yang juga dikenal dengan suhu. Ada suhu udara, suhu tubuh, suhu air, dan lain sebagainya. Apa itu temperatur?

Pada dasarnya temperatur adalah ukuran yang menyatakan panas dinginnya sesuatu, bisa dalam bentuk padat, cair, ataupun gas. Biasanya dinyatakan dalam satuan derajat. Semakin panas suatu benda maka nilai derajatnya akan semakin tinggi, sebaliknya semakin dingin suatu benda maka nilai derajatnya juga akan semakin turun.

Contohnya air mendidih biasanya pada suhu 100°C dan es membeku pada suhu 0°C. Dalam dunia internasional ada beberapa jenis satuan derajat suhu diantaranya K atau kelvin, F atau Fahreinheit, R atau reamur, dan C atau celcius yang merupakan satuan derajat yang umum digunakan di Indonesia.

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menentukan atau mengukur suhu berdasarkan panca indera kita seperti melalui kulit yang merupakan indera peraba. Contohnya saat kita ingin memeriksa apakah anak kita sedang demam atau tidak, biasanya kita menggunakan punggung tangan untuk memeriksa apakah kening anak panas.

Jika terasa panas yang tidak normal biasanya kita akan menyimpulkan bahwa si anak sedang demam. Hal ini tidak salah meskipun kurang akurat karena alat indera kita sangat mudah dipengaruhi oleh berbagi faktor seperti suhu tangan kita sendiri, suhu udara, dan lain sebagainya. Untuk itu diperlukan sebuah alat untuk mengukur suhu yaitu termometer yang akan memberikan hasil yang akurat mengenai suhu suatu benda.

Termometer biasanya berbentuk pipa sempit tertutup yang terbuat dari kaca. Pipa ini berisi zat cair yang sifatnya termometrik, yaitu zat cair yang akan berubah secara fisis bila dipanaskan dan didinginkan sehingga dapat dijadikan penunjuk bila terjadi kenaikan atau penurunan suhu, contohnya seperti air raksa atau alkohol.

Ada bermacam-macam jenis termometer diantaranya yang cukup sering ditemui adalah termometer raksa yang hasil pengukurannya dibaca secara manual dan ada pula termometer digital dimana nilai suhu yang diukur akan ditampilkan di layar secara presisi.


Nah itulah penjelasan tentang pengertian temperatur suhu secara singkat. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian temperatur dalam fisika secara umum ya ! Baca juga pengertian radikal dan contohnya 🙂