PENGERTIAN TRADISIONAL


  • Pengertian tradisional dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan tradisional ?
  • Apa itu tradisional ? Apa arti kata tradisional ?
  • Apa pengertian tradisional dalam sosiologi ?
  • Apa pengertian musik tradisional ?

Pengertian Tradisional


Pengertian Tradisional Menurut Para Ahli :

Pengertian tradisional adalah rumusan, cara atau konsep yang pertama kali lahir yang dipergunakan oleh banyak orang di masanya. (Imtima : 2007)

Definisi tradisional adalah segala sesuatu yang diwarisi manusia dari orang tuanya, baik itu yang jabatan, harta pusaka maupun keningratan. (M Abed Al Jabiri : 2000)

Arti tradisional adalah sesuatu kebiasan yang berasal dari leluhur yang diturunkan secara turun temurun dan masih banyak dijalankan oleh masyarakat saat ini.


Apa yang muncul di pikiran teman-teman jika mendengar istilah tradisional? Sesuatu yang kuno, tua, jadul, pokoknya jauh dari kekinian? Hal ini ada benarnya, misalnya tari tradisional seperti tari piring dan tari persembahan yang merupakan tarian adat yang diwariskan dari nenek moyang terdahulu yang dianggap kuno oleh sebagian besar anak muda zaman sekarang. Meskipun demikian tari tradisional tidaklah buruk bahkan sangat indah dan harus tetap dijaga kelestariannya.

Sesuatu atau seseorang dikatakan tradisional jika sikap, cara berpikir, tindakan, atau karakteristik lainnya mengikuti adat, kebiasaan, atau norma yang diwariskan secara turun-temurun dari orang tua terdahulu.

Karena merupakan warisan nenek moyang maka sesuatu yang tradisional ditentukan oleh budaya tempat dimana ia lahir. Misalnya tari tradisional Aceh akan sangat berbeda dengan tari tradisional Papua. Begitupula musik tradisional Jawa akan sangat berbeda dengan musik tradisional Minangkabau.

Sesuatu yang tradisional bukan berarti sesuatu yang jelek. Sebaliknya sesuatu menjadi tradisi karena dianggap paling tepat dan telah teruji keefektifan dan keefisienannya oleh suatu kelompok masyarakat pada masa dan tempat tertentu, bahkan kemudian diwariskan kepada anak cucunya.

Ia terlihat kuno atau tidak efektif dan efisien lagi ketika sudah muncul sesuatu yang baru yang lebih baik serta lebih efektif dan efisien. Misalnya daun kapas yang digunakan orang pada zaman dahulu untuk mengobati sakit panas. Hal ini memang terbukti khasiatnya. Obat tradisional ini menjadi tidak efektif dan efisien lagi ketika muncul obat panas berupa sirup atau pil yang lebih praktis dan terbukti juga dapat meredakan sakit panas.

Untuk itu segala sesuatu yang sifatnya tradisional sebaiknya tetap kita jaga dan lestarikan bahkan dikembangkan sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan. Misalnya seperti kulit manggis yang sangat banyak khasiatnya untuk kesehatan.

Dulu orang harus repot-repot menjemur kulit manggis dan merebusnya, belum lagi rasanya yang pahit. Dengan perkembangan ilmu pengetahuan sari kulit manggis diolah menjadi pil siap pakai yang baik bagi kesehatan.

Demikian juga dalam bidang seni budaya. Tarian tradisional dapat kita kembangkan bahkan digabungkan dengan tari modern sehingga dapat menarik minat generasi muda untuk mempelajarinya serta memperkaya budaya bangsa.

Pengertian kue tradisional adalah kue sederhana yang memakai tepung terigu serbaguna dalam proses pembuatannya. Terkadang tepung terigu tersebut dicampurkan dengan tepung kanji ataupun tepung beras. (Dewi Soesilo : 2013)

Pengertian musik tradisional adalah jenis musik yang diperoleh masyarakat secara turun temurun yang kemudian dilestarikan dan dipertahankan oleh masyarakat sekarang sebagai sarana hiburan. (Zainal Fahri : 2015)

Pengertian tradisional dalam sosiologi adalah individu ataupun kelompok masyarakat yang memiliki hubungan yang dekat dengan tradisi yang menjunjung tinggi ajaran leluhurnya serta memegang teguh nilai adat istiadatnya. (Zainun : 2015)

Pengertian obat tradisional adalah ramuan atau bahan yang digunakan secara turun temurun sebagai pengobatan yang berdasarkan pengalaman yang dapat berupa bahan hewan, bahan tumbuhan, bahan mineral, galenik atau campuran lainnya. (Nurheti Yuliarti : 2010)

Pengertian senjata tradisional adalah peralatan yang dipergunakan untuk keperluan perang atau berkelahi dalam suatu masyarakat tertentu yang sudah menjadi tradisi. (Sunarti : 1991)

Pengertian permainan tradisional adalah jenis permainan yang unik dan khas yang berasal dari suatu wilayah daerah. (Erwan Juhara dkk : 2005)


Itulah penjelasan singkat mengenai pengertian tradisional dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian tradisional secara umum ya ! Baca juga pengertian yudisium 🙂