PENGERTIAN TRANSMIGRAN SWAKARSA


  • Pengertian transmigran swakarsa itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan transmigran ?
  • Apa itu transmigran swakarsa ?
  • Apa arti transmigrasi swakarsa ?
  • Apa pengertian transmigrasi swakarsa mandiri ?

Pengertian Transmigran Swakarsa


Pengertian Transmigran Swakarsa Menurut Para Ahli :

Transmigran adalah sebutan untuk penduduk yang melakukan transmigrasi, yaitu suatu program pemerintah yang bertujuan untuk merelokasi / memindahkan penduduk dari kota ke desa. Kata asalnya berasal dari bahasa Belanda yaitu transmigratie.

Mengapa dari kota ke desa dan bukan sebaliknya? Karena kota yang padat penduduknya sehingga dipindahkan ke desa yang jarang penduduknya. Tujuan program ini adalah untuk menciptakan kepadatan penduduk yang merata dan meningkatkan taraf hidup masyarakat yaitu dengan memberikan kesempatan untuk merubah nasib.

Ada beberapa jenis transmigrasi. Salah satunya adalah transmigrasi swakarsa. Swakarsa artinya keinginan (kemauan) sendiri yang timbul tanpa dorongan (paksaan) dari pihak lain. Dengan demikian, pengertian transmigran swakarsa adalah penduduk yang melakukan transmigrasi atas keinginan sendiri tanpa dorongan dari pihak lain. Transmigran swakarsa biasa juga disebut dengan transmigran spontan.

Meskipun atas kemauan dan biaya  sendiri, para transmigran ini tetap mendapatkan bimbingan dan fasilitas dari pemerintah. Fasilitas yang disediakan antara lain adalah bantuan dana, lahan, maupun alat-alat pertanian. Besarnya bantuan yang diberikan pemerintah cukup bervariasi tergantung kepada kondisi lahan serta lokasi transmigrasi.

Transmigrasi swakarsa dibagi lagi menjadi 2, yaitu Transmigrasi Swakarsa Berbantuan dan Transmigrasi Swakarsa Mandiri.

Transmigrasi Swakarsa Berbantuan dilaksanakan oleh Menteri bekerja sama dengan Badan Usaha. Transmigrasi jenis ini diutamakan untuk penduduk yang memiliki potensi dan ingin lebih meningkatkan kesejahteraannya. Mereka mendapatkan pembiayaan dari keuangan negara dalam bentuk bantuan. Sementara  dengan Badan Usaha mereka menjalin kemitraan dan mendapat bantuan dalam bentuk modal usaha. Transmigran jenis ini biasanya menempati daerah baru yang agak terbuka.

Transmigrasi Swakarsa Mandiri dilaksanakan oleh masyarakat secara perorangan maupun kelompok. Transmigrasi ini diutamakan untuk penduduk yang sudah mampu mengembangkan diri dan ingin meningkatkan mutu kehidupannya. Sesuai dengan namanya mandiri, maka pembiayaan ditanggung oleh transmigran itu sendiri. Bantuan yang diterima dari pemerintah hanyalah berupa arahan dan layanan serta bantuan informasi kesempatan kerja dan peluang usaha. Transmigrasi jenis ini biasanya menempati daerah baru yang sudah terbuka dan mempunyai prasarana dan sarana permukiman.


Itulah penjelasan singkat mengenai transmigran swakarsa secara umum. Semoga teman-teman bisa memahami dan menjelaskan perbedaan transmigrasi umum dan transmigrasi swakarsa ya ! Baca juga pengertian internal dan eksternal 🙂