PENGERTIAN TRANSPARANSI MENURUT PARA AHLI


 Apa yang dimaksud dengan transparansi ? Apa itu transparansi ? Apa arti kata transparansi ? Apa definisi transparansi ?


Pengertian Transparansi


Pengertian Transparansi Menurut Para Ahli :

Arti transparansi adalah sesuatu hal yang tidak ada maksud tersembunyi di dalamnya, disertai dengan ketersediaan informasi yang lengkap yang diperlukan untuk kolaborasi, kerjasama, dan pengambilan keputusan kolektif.

Definisi transparansi adalah kondisi dimana aturan dan alasan di balik langkah-langkah pengaturannya bersifat bebas, jelas dan terbuka.

Transparansi berasal dari kata transparan yang memiliki arti : tembus cahaya ; tembus pandang ; bening (bila penggunaannya pada objek seperti kaca) yang penggunaannya sering terhadap suatu benda / objek yang berbentuk tipis atau tampak bening pada penglihatan.

Pendek kata, pengertian transparansi adalah sesuatu hal yang nyata, jelas, terbuka dan dapat dipertanggung jawabkan keberadaannya. Dalam hal ini kata transparansi lebih ditekankan sebagai sebuah bentuk tindakan / sikap yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang terhadap pihak atau orang lain yang berkepentingan pada sebuah hal yang mereka kerjakan.

Transparansi sangat dibutuhkan dan diwajibkan untuk dilakukan di dalam institusi atau setiap lembaga publik yang memiliki kepentingan terhadap orang banyak, hal itu perlu dilakukan sebagai bentuk pengawasan awal terhadap setiap tindakan yang telah / akan diambil di dalam institusi tersebut.

Beberapa contoh transparansi dan tujuannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Transparansi keuangan.

Transparansi ini adalah salah satu yang menjadi hal yang sangat penting dilakukan di dalam sebuah institusi / lembaga publik karena keuangan merupakan sektor paling riskan yang mungkin akan diselewengkan. Transparansi keuangan dilakukan dengan tujuan:

  • Menghindari terjadinya korupsi.
  • Menjaga kepercayaan antara pihak-pihak yang berkepentingan di dalam sebuah institusi / lembaga.
  1. Tranparansi manajemen.

Transparansi ini dilakukan untuk menjaga siklus kerja yang sehat di dalam sebuah institusi / lembaga publik dengan tujuan:

  • Mencegah terjadinya nepotisme.
  • Memimalisir adanya tenaga kerja / bidang yang tidak potensial di dalam institusi tersebut.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian transparansi secara umum ya ! Baca juga pengertian olahraga menurut para ahli 🙂