PENGERTIAN TRAVEL WARNING


  • Pengertian travel warning itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan travel warning ?
  • Apa itu travel warning ? Apa arti travel warning ?
  • Bagaimana pengaruh travel warning terhadap citra suatu negara ?

Pengertian Travel Warning


Pengertian Travel Warning Menurut Para Ahli :

Pengertian travel warning adalah sebuah himbauan ataupun larangan yang dikeluarkan oleh sebuah negara kepada para warga negaranya untuk tidak bepergian ataupun melakukan perjalanan ke sebuah negara atau wilayah tertentu, di mana pelarangan ini biasanya dikeluarkan karena alasan tertentu yang bisa saja berdampak merugikan ataupun membahayakan bagi warga negaranya tersebut.

Pengertian travel warning dalam arti sempuk adalah alarm bahaya untuk tidak pergi ke destinasi negara tertentu dikarenakan beberapa area dalam suatu negara tersebut ada potensi yang bisa mengancam keselamatan jiwa traveler.

Dalam pelaksanaannya, travel warning bisa saja dikeluarkan secara mendadak dan sedikit mengejutkan bagi khalayak umum karena terjadinya sebuah kejadian mendadak di sebuah wilayah / negara yang dianggap bisa membahayakan nyawa dan keselamatan para pendatang di wilayah tersebut, contohnya terjadinya bencana alam.

Tidak ada batasan waktu dalam pemberlakuan travel warning dan pada umumnya pencabutan kebijaksaan tersebut akan melalui beberapa tahap penelitian / penelusuran lebih lanjut, sebelum akhirnya pihak yang berwenang akan mengeluarkan pemberitahuan secara luas kepada warga negaranya.

Ada banyak hal yang menjadi alasan diberlakukannya travel warning, beberapa di antaranya seperti di bawah ini:

  • Adanya serangan bom / teroris di sebuah negara atau wilayah yang secara umum pasti membahayakan nyawa dan keselamatan orang yang tinggal di wilayah tersebut. Dalam kejadian seperti ini, Indonesia beberapa kali mengalami travel warning dari beberapa negara lain karena terjadinya beberapa serangan teror di tempat umum dan menelan banyak korban jiwa, seperti: peristiwa bom Bali dan Jakarta beberapa tahun lalu.
  • Terjadinya bencana alam yang dahsyat dan menelan banyak korban jiwa, serta adanya peringatan tentang kemungkinan terjadinya bencana susulan yang tidak dapat diprediksi, seperti: bencana tsunami, gunung meletus, banjir gempa dan bencana alam lainnya.
  • Merebaknya suatu wabah penyakit tertentu yang mematikan dan mudah sekali menular dalam sebuah negara, di mana penularannya dapat terjadi dalam waktu yang sangat singkat dan sulit diobati. Contohnya: wabah SARS, Ebola, Cacar dan Flu Babi.
  • Memburuknya hubungan internasional di antara dua atau beberapa negara sekaligus, hal ini bisa saja diakibatkan oleh beberapa penyebab seperti: kebijakan ekonomi, kebijakan diplomasi dan beberapa hal lainnya.

Pengaruh travel warning terhadap citra suatu negara tentu saja akan membuat negara yang diwarning ini menjadi buruk, seram, menakutkan untuk dikunjungi terutama bagi turis asing dan pecinta dunia traveling. Imbasnya devisa negara dari sektor pariwisata dan transportasi menjadi menurun.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian travel warning ya ! Baca juga pengertian sejarah dan saksi sejarah 🙂