PENGERTIAN TULANG PUNGGUNG


  • Pengertian tulang punggung keluarga itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan tulang punggung ?
  • Apa arti kata tulang punggung ?
  • Apa arti makna tulang punggung ?
  • Apa pengertian tulang punggung bangsa ?

Pengertian Tulang Punggung


Pengertian Tulang Punggung Menurut Para Ahli :

Pengertian tulang punggung adalah tulang beruas-ruas tak beraturan dari tengkuk ke bawah yang membentuk punggung dan mudah digerakkan, biasanya disebut dengan istilah vertebrae.

Pada manusia terdapat 33 tulang punggung. Terdiri atas 5 (lima) tulang punggung  sakral, 4 (empat) tulang tulang punggung ekor (coccyx), 7 (tujuh) tulang punggung leher (cervical), 12 (dua belas) tulang punggung dada (thorax) dan 5 (lima) tulang punggung lumbal, tulang-tulang ini membentuk suatu kesatuan memanjang yang membentuk sumbu tubuh dan menopang tengkorak.

Tulang punggung disebut juga tulang belakang, bersifat kuat tetapi lentur dan menopang hampir dua pertiga dari berat badan. Sehingga tulang punggung yang membuat  manusia bisa berdiri tegak. Tulang punggung juga membuat kita bisa melakukan banyak pergerakan tubuh, seperti memutar kepala, menekuk dan sebagainya. Fungsi lain tulang punggung adalah melindungi sumsum tulang belakang, disebut juga saraf-saraf tulang belakang yaitu seikat besar saraf yang bertugas mengirimkan informasi dari otak ke seluruh tubuh.

Begitu pentingnya tulang punggung atau tulang belakang ini bagi manusia. Sehingga penggunaannya kemudian meluas, tidak hanya dalam pembahasan mahluk hidup dalam ilmu biologi, melainkan juga menjadi bagian dalam ilmu bahasa, yaitu metafora. Metafora atau kiasan adalah pemakaian kata atau kelompok kata yang memiliki dengan arti bukan yang sebenarnya, melainkan sebagai lukisan yang berdasarkan persamaan atau perbandingan.

Kata tulang punggung memperkaya khasanah metafora dalam bahasa Indonesia. Contohnya tulang punggung bangsa. Pengertian tulang punggung bangsa adalah komponen utama pembangunan suatu negara. Dalam hal ini yang menjadi tulang punggung bangsa adalah para pemuda pemudi. Para pemuda dan pemudi mempunyai kedudukan harapan bangsa karena 10 sampai 20 tahun ke depan merekalah yang menjadi tulang punggung keluarga dan pemain penting dalam pembentukan jati diri suatu bangsa.

Pengertian tulang punggung keluarga adalah seseorang atau sesuatu yang menjadi pokok kekuatan ( yang membantu dan sebagainya)

Contoh tulang punggung dalam kalimat metafora:

  1. Sejak ayahnya meninggal dunia karena kecelakaan, mau tak mau Dudi yang menjadi tulang punggung keluarga.

Artinya; Dudi adalah orang yang bekerja keras dan sangat diandalkan untuk membiayai kebutuhan hidup keluarganya.

  1. Pemuda adalah tulang punggung negara.

Artinya; pemuda adalah sumber atau pokok kekuatan sebuah negara. Masa depan negara berada di tangan pemuda, sehingga jika tulang punggung (pemudanya) baik dan sempurna, maka sempurna dan tegaklah tubuh (negara) dalam melakukan aktivitasnya.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi tulang punggung. Semoga teman-teman bisa memahami arti ungkapan tulang punggung secara umum ya ! Baca juga pengertian fototropisme dan fotoperiodisme 🙂