PENGERTIAN UITZET


  • Pengertian uitzet itu apa sih ?
  • Apa itu uitzet ? Apa arti uitzet ?
  • Apa definisi uitzet / pengukuran uitzet  ?

Pengertian Uitzet


Pengertian Uitzet Menurut Para Ahli :

Pengertian uitzet adalah kegiatan pengukuran ulang lapangan yang dilakukan pada tahap awal suatu pekerjaan pada bidang / area tertentu.

Tujuan pekerjaan uitzet adalah adalah untuk memastikan seberapa besar jumlah perubahan yang akan diakibatkan oleh terjadinya pelaksanaan sebuah perencanaan yang telah ditetapkan sebelumnya. Proses ini akan berhubungan langsung dengan beberapa bagian sekaligus, seperti: Pelaksana Pekerjaan, Direksi Lapangan, dan Konsultan Pengawas.

Di dalam pelaksanaan sebuah uitzet, besaran perubahan yang ditemukan akan dituangkan dalam sebuah dokumen perubahan dalam bentuk Laporan MC-0. Dalam sebuah Laporan MC-0 akan dimuat semua dampak perubahan dan akibat yang akan terjadi, laporan ini juga akan didikung oleh beberapa lampiran yang memuat berbagai macam informasi seperti: Gambar Rencana Pelaksanaan Kerja, Foto Pekerjaan 0%, Kurva S, dan berbagai lampiran lainnya yang diperlukan di dalam pelaksanaan perubahan tersebut.

Pada dasarnya semua dokumen yang dihasilkan dalam pengukuran ulang ini akan menjadi sah dan berlaku apabila telah disetujui oleh para pihak yang berkepentingan di dalamnya. Sebuah dokumen perubahan yang akan diajukan, bisa berbentuk Change Contract Order (Dokumen Tambah Kurang) atau Addendum (Dokumen Tambahan ) yang penyusunannya disesuaikan dengan bentuk perubahan yang akan dilakukan dan hal ini juga tergantung pada aturan resmi yang digunakan di dalam suatu satuan kerja yang terlibat di sana.

Di dalam penyusunan dan pelaporannya, sebuah dokumen perubahan juga bisa saja berbentuk serial yang dibuat sesuai dengan lama / panjang pekerjaan yang dilaksanakan dengan cara menyesuaikan dokumen perubahan dengan tingkat perubahan yang dialami. Di mana semakin berat tingkat perubahan yang dialami, maka tim yang diusulkan / dibentuk juga akan semakin lengkap dan bisa bekerja lintas sektoral, namun jika perubahan yang terjadi hanya kecil, maka tim yang dibentuk cukup disesuaikan dengan kapasitas yang terdapat di dokumen kontrak. Hal ini juga akan berbanding lurus dengan pasal-pasal yang tertera di dalam kontrak perjanjian, sehingga akan dibutuhkan staf dari bidang hukum dan beberapa bidang lainnya yang berwenang terhadap hal tersebut.


Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian uitzet ya ! Baca juga pengertian dokter obgyn 🙂