PENGERTIAN VALID DALAM PENELITIAN


  • Pengertian valid dalam penelitian itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan valid ?
  • Apa itu valid ? Apa arti valid dalam penelitian ?
  • Valid artinya apa sih ?

Pengertian Valid Dalam Penelitian


Pengertian Valid Menurut Para Ahli :

Pengertian valid adalah perbuatan / tindakan ataupun sesuatu yang dilakukan secara sahih atau sesuai dengan aturan yang semestinya. Arti valid juga bisa bermakna sudah diotorisasi secara resmi oleh undang-undang dan memiliki akibat hukum atau kekuatan.

Pengertian valid adalah derajat ketepatan antara data yang sesungguhnya terjadi pada objek dengan data yang dikumpulkan oleh peneliti. (Sugiyono:2008)

Dalam penggunaannya kata valid banyak dipakai di dalam berbagai macam ilmu pendidikan, dunia yang menuntut adanya sebuah tindakan yang prosedural, yang mana hal yang berhubungan dengan kata valid tersebut akan digunakan sebagai sesuatu yang wajib dipertanggung jawabkan dan dilakukan berdasarkan informasi / data yang dapat dipercaya.

Pengertian valid dalam penelitian adalah sebuah kondisi di mana seluruh tindakan yang dilakukan di dalam penelitian (yang mana dalam hal ini terkait masalah ketepatan dan kecermatan dalam pengukuran), telah dilakukan sesuai dengan aturan dan standar yang semestinya.

Pada umumnya sebuah instrumen atau skala ukur yang digunakan di dalam penelitian bisa dikatakan telah memiliki validitas yang tinggi bilamana instrumen tersebut mampu menjalankan fungsi ukurnya sekaligus memberikan hasil ukur yang sesuai dengan maksud tujuan awal dari pengukuran itu sendiri. Sedangkan sebuah tes yang dilakukan dengan alat instrumen yang memiliki validitas yang rendah, pada umumnya akan menghasilkan sejumlah hasil data yang tidak sesuai dengan tujuan pengukuran itu sendiri.

Dengan begitu dapat disimpulkan bahwa ketepatan validitas sebuah alat ukur yang digunakan di dalam sebuah penelitian, akan sangat tergantung pada kemampuan alat ukur itu sendiri di dalam memenuhi segala tujuan pengukuran yang sedang dilakukan.

Hal lain yang perlu diperhatikan di dalam menentukan sebuah validitas penelitian adalah aspek kecermatan dari pengukuran itu sendiri, di mana sebuah alat ukur yang digunakan harus mampu menghasilkan data yang tepat dan juga harus bisa menunjukkan sebuah gambaran yang cermat terkait dengan data tersebut. Dalam hal ini cermat diartikan sebagai sebuah kondisi, di mana alat ukur tersebut mampu memberi gambaran yang sejelas-jelasnya mengenai perbedaan yang terdapat di dalam pengukuran tersebut dan hal ini berlaku untuk semua perbedaan terkecil sekalipun yang mungkin akan ditemukan pada saat melakukan pengukuran.


Itulah beberapa kumpulan pengertian valid. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian valid dalam penelitian ya ! Baca juga artikel pengertian alternatif pemecahan masalah 🙂