PENGERTIAN VENULA


  • Pengertian venula itu apa sih ?
  • Apakah yang dimaksud dengan venula ?
  • Apa itu venula ? Apa arti venula ?
  • Apa fungsi venula ?

Pengertian Venula


Pengertian Venula Menurut Para Ahli :

Pengertian venula adalah pembuluh darah balik yang paling kecil dan merupakan cabang dari vena. Dindingnya terdiri dari tiga lapisan. Lapisan paling dalam adalah endothelium yang berfungsi sebagai membran pemisah, lapisan tengah yang merupakan jaringan elastis, dan lapisan luar selubung fibrosa yang merupakan jaringan pengikat seluruh struktur.

Untuk mengenal lebih jauh venula dan fungsinya, mari kita kenali sistem peredaran darah dan pembuluh darah pada tubuh manusia.

Sistem peredaran darah manusia terdiri atas dua bagian, yaitu peredaran darah besar serta peredaran darah kecil. Sistem peredaran darah kecil adalah ketika darah dipompa dari jantung menuju ke paru-paru kemudian kembali lagi ke jantung. Sementara pada sistem peredaran darah besar, darah dipompa dari jantung menuju ke seluruh tubuh dan kemudian kembali lagi ke jantung. Dalam sistem peredaran darah inilah terdapat peran penting pembuluh darah.

Pembuluh darah manusia terdiri dari pembuluh darah kapiler, arteri dan vena. Arteri, disebut juga pembuluh nadi, berfungsi membawa darah dari jantung ke seluruh tubuh, sedangkan vena berfungsi membawa darah dari seluruh tubuh kembali ke jantung. Sehingga vena disebut juga pembuluh balik. Arteri dan vena letaknya paling dekat ke jantung, dan keduanya memiliki cabang.

Arteri bercabang membentuk arteriol sedangkan vena bercabang membentuk venula. Penghubung antara arteriol dan venula, adalah kapiler yang merupakan pembuluh darah terkecil.

Ketika meninggalkan jantung, darah dipompa ke seluruh tubuh oleh kontraksi jantung. Darah ini mengandung oksigen dan sari-sari makanan untuk disalurkan ke seluruh tubuh. Darah yang keluar dari jantung melewati arteri dan arteriol lalu berkumpul di kapiler. Di sinilah terjadi pertukaran oksigen dan karbondioksida.

Pada saat darah dibawa kembali ke jantung, venula mengumpulkan darah dari kapiler lalu mengangkutnya ke vena untuk kemudian dibawa ke jantung. Darah yang dibawa ini adalah darah yang mengandung karbondioksida untuk dibawa ke jantung lalu ke paru-paru untuk kemudian dikeluarkan melalui sistem pernafasan.
Selain mengangkut darah dari kapiler ke vena. Pada situs di mana infeksi telah berkembang, venula juga melepaskan sel darah putih untuk melawan sel-sel asing serta menjaga keseimbangan cairan ekstraseluler.


Itulah penjelasan mengenai apa pengertian dari venula. Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian venula secara umum ya ! Baca juga pengertian ortopnea 🙂