PENGERTIAN VIABILITAS


  •  Apa yang dimaksud dengan viabilitas ?
  • Apa arti kata viabilitas ?
  • Apa itu viabilitas benih / definisi viabilitas benih ?
  • Apa tujuan mengetahui viabilitas benih  ?

Pengertian Viabilitas


Pengertian Viabilitas Menurut Para Ahli :

Pengertian viabilitas adalah kemungkinan dan kemampuan untuk bisa hidup dari suatu individu. Karena itu viabilitas sangat erat kaitannya dan bergantung pada perjuangan / tindakan yang dilakukan individu tersebut untuk tetap bertahan hidup dan mampu bersaing dengan individu yang lainnya.

Penggunaan kata viabilitas yang umum adalah dipakai dalam ilmu pertanian, yakni viabilitas benih yang artinya adalah kemampuan atau daya hidup benih yang dapat dilihat melalui adanya gejala metabolisme atau gejala pertumbuhan dan perubahan wujud benih menjadi kecambah. Viabilitas benih merupakan daya mampu / tumbuh benih menjadi kecambah, daya ini akan terus bertambah hingga benih mencapai perkecambahan / viabilitas maksimum di mana benih telah mencapai berat kering maksimal (100%).

Tujuan dilakukannya viabilitas benih adalah untuk:

  • Mengetahui dengan cepat perkembangan / pertumbuhan keseluruhan benih yang hidup (baik itu yang normal maupun yang tidak normal).
  • Sebagai bahan kajian dalam menetapkan setiap contoh benih yang perlu diuji dan dicocokkan kualitasnya.

Parameter yang digunakan untuk mengukur viabilitas benih adalah dengan membandingkan kecambah yang satu dengan yang lainnya serta memperhatikan aspek-aspek kriteria kecambah yang pertumbuhannya normal sebagai acuan / tolak ukur. Dengan demikian kecambah dapat dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu:

  1. Kecambah normal.
  2. Kecambah abnormal.
  3. Benih yang mati, yaitu benih yang selama masa dan hingga berakhirnya masa percobaan tidak mengalami pertumbuhan kecambah.

Nah semoga teman-teman bisa memahami pengertian viabilitas benih secara umum ya ! Baca juga pengertian eksploitasi sumber daya alam 🙂