PENGERTIAN VIBRATO DALAM MUSIK


  • Pengertian vibrato dalam musik itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan vibrato ?
  • Apa itu vibrato ? Apa arti kata vibrato ?
  • Apa pengertian vibrato suara ?

Pengertian Vibrato Dalam Musik


Pengertian Vibrato Menurut Para Ahli :

Pengertian vibrato adalah nada yang bergetar. Pengertian vibrato dalam musik adalah teknik yang digunakan untuk untuk memperindah sebuah lagu yang dimainkan dengan cara memberikan getaran pada suara / nada tertentu sehingga suara tersebut akan terdengar bergelombang dan indah didengar.

Pendek kata, vibrato artinya teknik dasar yang berfungsi untuk menambahkan aksen agar bunyi yang keluar terdengar lebih bervariasi, indah, dan memiliki nilai estetik.

Dalam olah vokal, cara membuat suara bergelombang saat bernyanyi adalah dengan melakukan repetesi dengan cepat antara satu nada dengan nada yang lainnya. Dalam kesempatan ini kita akan membahas vibrato dalam permainan gitar sebagai contohnya.

Ada beberapa cara melakukan vibrato antara lain yaitu :

  • Whole Hand Vibrato

Teknik ini dilakukan dengan menggeserkan seluruh posisi tangan kiri ke arah kanan dan kiri (ke arah leher dan bodi gitar) berkali-kali dan dengan tempo yang cukup cepat. Dalam vibrato ini, geseran tangan tidak melewati fret namun tetap pada fret yang sama meskipun gerakan kanan-kirinya cukup kentara.

  • Arm Vibrato

Sama dengan whole hand vibrato namun dilakukan antar fret. Arm vibrato dilakukan dengan menggeser jari ke arah fret lain dan kembali ke fret semula secara berulang-ulang dan dalam tempo yang cukup cepat, dengan menggunakan jari yang sama. Vibrato jenis ini sulit dikontrol temponya maupun konstanitas kecepatannya.

  • Finger Vibrato ( Teknik Jari )

Teknik ini dilakukan dengan menaik-turunkan tekanan jari tangan kiri pada senar. Kecuali jempol, seluruh jari tangan kiri dapat digunakan. Biasanya paling sering adalah jari tengah dan jari manis, karena kedua jari tersebut cukup kuat dan posisinya mudah melakukan vibrato daripada yang lain. Untuk melakukannya, gerakan terkonsentrasi pada jari bersangkutan dan telapak tangan serta jempol tetap pada posisinya. Teknik ini akan membuat tegangan senar semakin tegang dan nadanya akan menjadi naik. Kenaikan nada itu tergantung pada kenaikan tekanan jari. Semakin tinggi  (lebar jarak) kenaikan dan penurunan, kenaikan nada akan semakin tinggi.

  • Classical Vibrato

Vibrato klasik dilakukan dengan menggerakkan tekanan jari tangan sejajar leher gitar. Beda dengan whole hand vibrato, gerakan pada vibrato klasik ini sangat pendek sementara posisi tangan tetap sehingga vibratonya juga tidak terlalu kentara. Vibrato jenis ini sering dan lebih tepat jika dilakukan dengan gitar klasik (gitar bolong), biola maupun bass betot.


Itulah penjelasan singkat mengenai definisi vibrato. Nah semoga teman-teman bisa mengerti tentang arti vibrato dalam musik ya ! Baca juga pengertian disorganisasi 🙂