PENGERTIAN WHITE COLLAR CRIME


  • Pengertian white collar crime dan contohnya itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan white collar crime ?
  • Apa itu white collar crime ?
  • Apa arti kata white collar crime ?
  • Apa contoh white collar crime ?

Pengertian White Collar Crime


Pengertian White Collar Crime Menurut Para Ahli :

Pengertian white collar crime adalah suatu tindakan kriminal yang melanggar hukum yang dilakukan oleh orang yang berasal dari golongan sosial ekonomi yang tinggi kepada golongan sosial yang lebih rendah. (Sutherland : 1949)

Arti white collar crime adalah suatu kejahatan profesional dalam suatu bisnis yang pada umumnya selalu melibatkan unsur finansial atau keuangan. Contoh kasus kejahatan kerah putih seperti ini antara lain undian palsu, penipuan berkedok investasi, penipuan layanan medis dsb (Muhammad Mustofa : 2010)

Definisi white collar crime adalah kejahatan yang mempunyai kriteria sebagai berikut (menurut Hazel Croall) :

  • Low visibility (tidak kasat mata)
  • Weak detection and prosecution (sulit untuk dideteksi dan dituntut)
  • Diffusion of responsibility (ketidakjelasan pertanggung-jawaban pidana)
  • Ambiguous criminal law (aturan hukum yang tidak jelas atau samar-samar)
  • Diffusion of victims (korbannya kurang jelas).
  • Complexity (sangat kompleks sekali)

Kita tentu mengetahui dengan baik bahwa mencuri, membunuh, berjudi, serta kejahatan-kejahatan lainnya adalah tindakan kriminal dan melawan hukum. Jelas siapa pelakunya dan dengan bukti yang cukup dapat dengan mudah dihukum.

Akan tetapi ada jenis kejahatan yang dilakukan dengan cara-cara halus dan “pintar” yang biasanya dilakukan oleh orang yang pintar, berpendidikan tinggi, atau dipandang terhormat dalam masyarakat yang sering disebut dengan istilah white collar crime atau dalam bahasa Indonesianya adalah kejahatan kerah putih atau kejahatan berdasi.

Istilah ini pertama kali dikemukakan oleh Edwin Hardin Sutherland sekitar tahun 1939 atau dalam sumber lain pada awal tahun 1940. Menurut Edwin kejahatan kerah putih adalah kejahatan yang dilakukan oleh orang yang memiliki status tinggi dan terhormat dalam masyarakat dan kejahatannya berhubungan dengan pekerjaan yang dilakoninya.

Contohnya kasus suap dan korupsi yang sering menimpa anggota DPR. Seorang anggota dewan yang memiliki kewenangan mengatur anggaran untuk suatu bidang bisa saja mengatur anggaran untuk memihak atau menguntungkan pihak tertentu berdasarkan permintaaan pihak tersebut dengan imbalan sejumlah uang. Dilihat dari luar memang tidak ada kejahatan yang dilakukan anggota dewan tersebut padahal sebenarnya ia sudah melakukan kejahatan yang sangat merugikan keuangan negara.

Beberapa karakteristik kejahatan kerah putih diantaranya adanya sesuatu baik perbuatan atau tidak berbuat yang sifatnya melanggar hukum yang berlaku baik hukum pidana, perdata, atau tata usaha negara. Kejahatan-kejahatan yang dilakukan bersifat spesifik. Para pelakunya kebanyakan (tetapi tidak selamanya) adalah orang yang berpendidikan tinggi, terhormat, dan memiliki status tinggi di masyarakat.

Pelakunya bisa perorangan, sekelompok orang, atau sebuah badan hukum. Dalam melakukan kejahatan para pelakunya menggunakan cara-cara pintar, halus, dan tersembunyi. Berbeda dengan kejahatan biasa yang dilakukan dengan cara-cara kasar dan langsung. Kebanyakan (tetapi tidak selalu) kejahatan dilakukan dalam kapasitas mereka sebagai profesional yang berhubungan dengan pekerjaan, contohnya seperti seorang apoteker yang menjual obat-obatan palsu untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Yang berbahaya dari kejahatan jenis ini adalah terkadang korban tidak menyadari atau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menyadari bahwa ia telah terkena kejahatan. Seperti pada kasus vaksin palsu yang belum lama ini mencuat. Setelah sekian tahun barulah diketahui adanya vaksin palsu yang beredar di masyarakat. Itu pun sulit untuk mengidentifikasi apakah seorang anak sakit karena pengaruh vaksin palsu tersebut atau karena sebab lain.

Contoh kasus kejahatan kerah putih (white collar crime) yang paling terkenal di Indonesia adalah kasus Bank Century. Dalam kasus ini salah satu pelakunya yaitu Robert Tantular yang merupakan mantan bos Bank Century dinyatakan bersalah karena melakukan tindakan pencucian uang dan penipuan nasabah Antaboga Delta Sekuritas. Untuk memeriksa kasus ini butuh waktu bertahun-tahun dan tidak semua pelaku yang terlibat bisa ditangkap alias bisa dihitung dengan jari karena saking kompleksnya.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian white collar crime dan contohnya. Semoga teman-teman bisa memahami pengertian white collar crime dan blue collar crime secara umum ya ! Baca juga pengertian selancar 🙂