PENGERTIAN YUDISIUM


  • Pengertian yudisium dalam kuliah itu apa sih ?
  • Apa yang dimaksud dengan yudisium ?
  • Apa itu yudisium ? Apa arti kata yudisium ?
  • Apa perbedaan yudisium dan wisuda ?

Pengertian Yudisium


Pengertian Yudisium Menurut Para Ahli :

Pengertian yudisium adalah penentuan lulus atau tidaknya seorang mahasiswa dari masa perkuliahan yang telah dilaluinya, apabila dinyatakan lulus maka dia bisa mengikuti acara wisuda.

Definisi yudisium adalah penentuan kelulusan seorang mahasiswa yang dinilai dari prasyarat minimum seperti telah memenuhi IPK minimal, tidak ada nilai E dsb.


Lulus dengan nilai memuaskan dan tepat waktu merupakan keinginan semua mahasiswa. Setelah sekian tahun berjibaku dengan berbagai mata kuliah dan menyelesaikan penelitiannya tentu seorang mahasiswa sangat berharap dapat lulus dengan baik.

Setelah menyelesaikan seluruh kewajibannya mulai dari menyelesaikan dan lulus semua mata kuliah yang ditetapkan, lulus ujian komprehensif atau lulus ujian tesis/disertasi, serta telah menyelesaikan revisi ujian tersebut jika ada revisi maka seorang mahasiswa berhak mendaftar untuk mengikuti yudisium. Suatu upacara resmi yang akan menetapkan dan mengumumkan kelulusan dan nilai setiap mahasiswa peserta yudisium.

Nilai dan kelulusan para mahasiswa ini ditetapkan oleh pejabat berwenang berdasarkan hasil rapat yudisium oleh senat fakultas dan program pascasarjana. Nantinya nilai setiap mahasiswa akan diumumkan sehingga diketahui siapa yang meraih predikat cum laude dan nilai tertinggi dalam suatu gelombang yudisium.

Hal ini tentu menjadi kebanggaan tersendiri bagi peraih predikat cum laude dan nilai tertinggi tersebut. Dalam yudisium ini biasanya juga akan dibacakan sedikit profil mengenai mahasiswa tersebut.

Sebelum diadakan yudisium, para mahasiswa yang telah menyelesaikan ujian komprehensif/tesis/disertasi harus mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk dapat mengikuti yudisium. Setelah jumlah peserta yudisium mencukupi batas yang ditentukan maka direktur yang telah melakukan rapat dengan anggota senatnya akan menerbitkan surat keputusan mengenai pelaksanaan yudisium. Kemudian barulah acara yudisium dipersiapkan seperti persiapan lokasi, akomodasi, undangan untuk para peserta, dan lain sebagainya.

Karena merupakan acara resmi maka ada aturan mengenai cara berpakaian pada acara yudisium dan hal ini tergantung kebijakan dari kampus masing-masing. Bagi perempuan biasanya diharuskan memakai kebaya dan berdandan sementara bagi laki-laki memakai pakaian resmi seperti kemeja, jas, dan dasi. Ada pula kampus yang mensyaratkan peserta yudisium cukup berpakaian resmi dan rapihitam putih.

Setelah yudisium para mahasiswa akan mendapatkan transkrip nilai masing-masing serta dapat mendaftarkan diri untuk mengikuti wisuda sebagai proses terakhir dari keseluruhan rangkaian kegiatan akademik di kampus. Pada acara wisuda inilah nantinya para mahasiswa akan dikukuhkan dan dilantik sebagai sarjana, magister, atau doktor sesuai jurusan masing-masing.

Banyak orang awam yang menganggap yudisium dan wisuda adalah hal yang sama. Hal tersebut tidaklah salah. Hal ini dikarenakan saat ini banyak Universitas ataupun Sekolah Tinggi yang menyamakan proses yudisium dan wisuda. Wisuda saat ini ditandai dengan perayaan mengangkat topi toga.

Namun sejatinya wisuda dan yudisium adalah hal yang berbeda. Perbedaan yudisium dan wisuda yang paling mencolok bisa kita lihat dari rangkaian waktunya dimana yudisium terjadi sebelum wisuda.

Yudisium diserap dari kata judgement yang artinya keputusan. Dalam hal ini yudisium adalah keputusan lulus atau tidaknya seorang mahasiswa. Jika dinyatakan lulus maka mahasiswa tersebut bisa mengikuti wisuda. Dan jika belum lulus maka mahasiswa tersebut tidak bisa mengikuti wisuda. Namun mengikuti wisuda bukanlah hal yang wajib karena wisuda hanya bentuk upacara formalitas atau suatu bentuk perayaan saja. Mahasiswa yang sudah dinyatakan lulus maka dia tetap akan lulus walaupun tidak mengikuti wisuda.


Nah itulah penjelasan singkat tentang pengertian yudisium dalam kuliah. Semoga kalian bisa memahami arti yudisium dalam perkuliahan secara umum ya ! Baca juga pengertian white collar crime 🙂